Biografi Singkat Frederic Chopin

Blogtokohpedia – Biografi Singkat Frederic Chopin; Frederic Chopin lahir di tanggal 1 Maret 1810 di desa Zelazowa Wola, Polandia.

Ayahnya bernama Nicolas Chopin adalah seorang yang asli berdarah Prancis, dan meninggalkan negaranya di tahun 1787 ia lari karena menghindari wajib militer.

Ayahnya lalu menikah dengan seorang wanita berkebangsaan Polandia dan akhirnya menetap di sana. Chopin adalah putra satu-satunya dari empat bersaudara.

Bakat Chopin di dunia musik sudah terlihat dari ia kecil, apalagi dalam hal bermain piano. Di usia anak-anak ia sudah sering tampil di depan para bangsawan dan tampil publik dalam sebuah gelaran konser umum.

Biografi Singkat; Pendidikan Awal Bermusik Frederic Chopin

Selain itu ia juga dapat menciptakan berbagai lagu untuk tarian rakyat Polandia seperti polonaise dan mazurka. Salah satu karya polonaise ciptaanya telah diterbitkan pada ia masih berusia tujuh tahun.

Sejak kecil Chopin sudah mendapatkan pelajaran bermain piano. Gurunya yang pertama adalah kakaknya sendiri, Ludwika. Dan guru profesionalnya yang pertama adalah Wojciech Zywny.

Ia menduduki bangku pendidikannya di sekolah menengah Warsawa, setelah itu ia melanjutkannya ke konservatori Warsawa. Di sana ia belajar tentang teori musik dan belajar mengomposisi musik selama tiga tahun lamanya.

Baca Juga: Biografi singkat dari Johannes Brahms

Pada masa ini, ia beberapa kali terlihat membuat perjalanan liburan ke daerah pedesaan dan sangat tertarik dengan musik rakyat yang ia dengar dari masyarakat lokal.

Melodi-melodi itulah yang memengaruhi gaya berkaryanya dan sangat penting dalam ciptaan mazurka-mazurkanya.

Mengadakan Konser di Vienna

Di tahun 1829, ia berkunjung ke Berlin dan Vienna untuk menggelar konser, di sana ia mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat setempat.

Setelah itu ia kembali ke Warsawa dan berencana untuk melakukan serangkaian tur konser yang panjang ke beberapa tempat.

Namun sayangnya hal itu harus tertunda karena ada ketegangan politik pada beberapa negara di Eropa pada waktu itu.

Di Warsawa, ia sudah terkenal dengan berbagai karyanya yang memiliki nasionalisme tinggi. Karyanya yang penting pada masa itu adalah dua konserto piano yang ia ciptakan pada tahun 1829-1830.

Mengadu Nasib di Paris

Chopin lalu memutuskan untuk pergi ke Vienna di musim gugur tahun 1830, namun sayangnya di sana ia tidak mendapatkan kesuksesan besar.

Di tahun 1831 ia akhirnya mencoba peruntungannya ke Paris. Di masa itu Paris terkenal sebagai ibukota dunia untuk gaya romantisme, sehingga di sana banyak komposer terkenal.

Komposer besar tersebut diantara lain adalah Lizt dan Paganini yang menetap di Paris. Di Paris, Chopin dengan cepat bisa beradaptasi.

Baca Juga: Biografi singkat Johann Sebastian Bach

Ia bisa dengan cepat mendapatkan sponsor, sering bermain piano di restoran-restoran, dan dikenal juga sebagai guru piano yang laris.

Di bulan Februari tahun 1832 ia mengadakan sebuah konser publik dan meraih sukses besar. Namun sangat disayangkan, gaya permainannya yang halus dan penuh dengan detail dirasa cocok untuk konser skala kecil yang cocok dimainkan di dalam ruangan.

Di sepanjang kariernya, Chopin terhitung hanya mengadakan sekitar 30 konser yang terbuka untuk umum. Karya Chopin yang terkenal banyak diciptakan pada tahun 1831 sampai tahun 1840.

Biografi Singkat; Kisah Cinta Frederic Chopin

Selain pada kegiatan musiknya di tahun 1830-an, peristiwa penting yang ada dalam hidupnya adalah hubungan cintanya dengan Aurore Dudevant.

Aurore Dudevant adalah seorang penulis roman yang mempunyai nama pena George Sand. Ia dan Sand bertemu pada tahun 1836, dikenalkan oleh Liszt.

Baca Juga: Biografi singkat Ludwig van Beethoven

Saat itu Sand berumur 32 tahun dan sudah bercerai dengan suaminya. Sekitar tahun 1838-1839, ia berlibur ke pulau Majorca bersama dengan Sand dan kedua anak Sand dari pernikahan sebelumnya.

Di sana mereka tinggal di bangunan bekas gereja yang udaranya lembap, sehingga kesehatan Chopin waktu itu menurun. Di dalam suasana ini, ia menulis kumpulan prelude Op. 28.

Setelah itu mereka pergi ke Nohant, dekat Paris, ke rumah keluarga Sand. Di sana Sand merawat Chopin hingga kembali sehat.

Tahun 1841-1846, mereka selalu menghabiskan waktu bersama-sama. Hubungannya dengan Sand menjadi sumber inspirasi bagi Chopin untuk berkarya.

Kematian Chopin

Mereka berpisah tahun 1847 lantaran Chopin terlalu banyak ikut campur dalam perselisihan yang terjadi di keluarga Sand. Setelah berpisah dengan Sand, ia tidak lagi produktif dalam bermusik dan kesehatannya kian menurun.

Adanya Revolusi Prancis tahun 1848 saat itu memperburuk perekonomian Chopin. Ia harus kehilangan murid dan sumber penghasilannya dari bermusik.

Diketahui, ia hanya tampil di beberapa konser di Manchester, London, dan Skotlandia, bahkan pernah menetap sementara di rumah salah satu muridnya di Edinburgh.

Chopin akhirnya kembali ke Paris di akhir 1848 dengan kondisi fisik yang sangat lemah, sehingga saudara perempuannya dari Polandia harus datang untuk merawatnya.

Baca Juga: Biografi singkat dari Wolfgang Amadeus Mozart

Dalam usia yang masih terbilang muda, 39 tahun jam dua pagi, pada tanggal 17 Oktober 1849, Chopin akhirnya meninggal dunia karena penyakit TBC yang dideritanya.

Upacara pemakamannya diadakan dua minggu kemudian, 30 Oktober 1849 di gereja Madeleine, Paris. Penundaan itu bukan karena suatu kesengajaan.

Hal itu terjadi karena sebelumnya ia telah berpesan agar dinyanyikan Requiem milik Mozart. Padahal lagu tersebut melibatkan paduan suara dari perempuan, gereja pada saat itu mengharamkan perempuan bernyanyi di gereja.

Setelah itu dibuatkanlah kesepakatan bahwa paduan suara akan disembunyikan di balik gorden berwarna hitam agar upacara bisa dilaksanakan.

Terdapat kurang lebih 3.000 orang hadir pada sepanjang jalan antara gereja Madeleine dan kuburan Pere Lachaise untuk mengantar jenazah dari Chopin.

Siapakah Agnes Ann Luisa?