Biografi Singkat Antonio Vivaldi

Blogtokohpedia – Biografi Singkat; Antonio Lucio Vivaldi (1674-1741) atau yang terkenal dengan sebutan ‘il Prette Rosso (Pendeta Merah)‘ adalah seorang pendeta dan komposer musik Barok dari Italia.

Musik Barok (Baroque) adalah sebuah genre musik klasik yang diciptakan pada jaman Barok (1600-1750). Jaman ini setelah Jaman Renaisans dan sebelum Jaman Musik Klasik.

Kata Barok (Baroque) diambil dari Bahasa Prancis yang memiliki arti ‘bentuk yang tidak wajar‘, awalnya digunakan untuk menggambarkan bentuk dari mutiara.

Namun, lama kelamaan kata tersebut umum digunakan untuk mengilustrasikan suatu gaya arsitektur, seni dan musik yang penuh dengan ornamen.

Ia terkenal sebagai seorang maestro dalam bermain alat musik biola. Saar berumur 20-an, ia sudah menciptakan komposisi musik yang bisa dianggap sempurna.

Di sepanjang perjalanan dari hidupnya, terdapat sekitar lima ratus komposisi konserto yang telah ia hasilkan dalam dunia musik.

Awal Mula Kehidupan Antonio Vivaldi

Vivaldi lahir di Venice, Italia pada tanggal 4 Maret 1678. Vivaldi mendapatkan bakat musik dari ayahnya, Giovanni Battista Vivaldi.

Ayahnya adalah seorang pemain biola di sebuah Katedral San Marco. Di usia yang terbilang masih cukup belia, Vivaldi sudah diajari cara bermain dengan alat musik biola oleh sang ayah.

Mereka juga sering berkeliling di kota Venice untuk mempertunjukkan permainan biola mereka. Dikarenakan kondisi keuangan keluarganya yang kurang mampu, Vivaldi akhirnya masuk ke sekolah kependetaan.

Di abad ke-17, cara seperti ini biasa digunakan untuk mendapatkan pendidikan secara gratis. Ia masuk sekolah kependetaan tersebut di tahun 1693 di gereja S. Geminiani dan S. Giovanni di Oleo.

Ia akhirnya ditunjuk menjadi pendeta Katolik pada tahun 1703, sampai akhirnya ia memutuskan untuk keluar di akhir tahun 1706.

Baca Juga: Biografi Singkat Milik Ludwig van Beethoven

Terdapat beberapa dugaan dibalik mundurnya Vivaldi dari jabatan dirinya sebagai seorang pendeta. Vivaldi sendiri berkata bahwa alasannya mundur karena penyakit asmanya.

Meskipun demikian, ada yang mencurigai mundurnya Vivaldi dari jabatan tersebut karena minatnya yang begitu besar ke arah musik.

Biografi Singkat; Karier Musik Antonio Vivaldi

Setidaknya tercatat ada empat tahapan dalam karier Vivaldi dalam bermusik. Yang pertama adalah ketika ia dikenal sebagai orang yang brilian dalam musik instrumen.

Pengakuan ini ia dapatkan saat salah satu penerbit Italia, Sala, mencetak dua opus sonata dan koleksi konserto biola dari Vivaldi, La Stravaganza (1714) dan Estro Armonico (1711).

Kepopulerannya sampai ke negeri Jerman, yang membuat Johann Sebastian Bach mengagumi Vivaldi. Diketahui, Bach banyak mendapatkan inspirasi dari karya milik Vivaldi.

Tahapan kedua adalah ketika mengajar di Ospedalle Della Pieta. Vivaldi yang bertugas sebagai seorang guru musik, membelikan beberapa instrumen musik bagi murid dan orkestra yang sedang dimpimpinnya.

Di sini Vivaldi sukses memproduksi murid yang memiliki kemampuan paduan suara dan bermusik yang sangat baik. Di bawah pengajarannya, para murid Ospedalle della Pieta ini selalu mempertunjukkan kualitas musik yang bernilai tinggi.

Lalu, tahapannya yang ketiga adalah ketika Vivaldi mulai memasuki dunia teater dengan berbagai operanya. Operanya yang pertama ‘Ottone in Villa‘ tampil pada bulan Mei 1713 di kota Vicenza.

Diceritakan, setelah pertunjukkannya yang pertama, Vivaldi seperti telah menaklukkan teater-teater yang ada di Venice, ia mengambil alih teater San Moise dan San Angelo.

Tahap yang terakhir, atau yang keempat dari kariernya ini, perkembangan dari kegiatan bermusiknya menjadi seorang pencipta lagu pribadi.

Di masa ini, Vivaldi menerim pesanan untuk penciptaan lagu, biasanya dari kaum kerajaan (bangsawan). Bahkan Raja Louis VI dari Prancis tercatat pernah memintanya untuk menciptakan komposisi lagu.

Biografi Singkat; Four Seasons Milik Antonio Vivaldi

Four Seasons‘ merupakan salah satu karya dari Vivaldi yang paling populer. Karya ini ditampilkan untuk publik pertama kalinya di tahun 1725.

Lagu ini masuk didalam salah satu rangkaian dari dua belas konserto yang diberi judul ‘Il cimento dell’armonia e dell’inventione (Ujian Harmoni dan Penemuan)’.

Spring (Musim Semi)” adalah konserto favorit dari Raja Louis XV. Vivaldi menulis rangkaian soneta untuk mengikuti irama Four Seasons.

Spesialnya, rangkaian dari soneta ini diilustrasikan dengan sangat fantastis dan luar biasa didalam komposisi musik tersebut.

Baca Juga: Biografi Singkat Sultan Hasanuddin

Komposisi Musik Untuk Gereja

Selain Vivaldi mengomposisikan lagu untuk para bangsawan pecinta musik, ia juga menciptakan lagu yang ditujukan untuk keagamaan (gereja).

Ia diperkirakan menulis komposisi lagu gereja di awal abad ke-18. Tahun 1712, ia menciptakan komposisi Stabat Mater yang terkenal tersebut untuk sebuah gereja yang terletak di Brescia.

Sedangkan oratorionya yang pertama ‘La Vittoria Navale‘ dipertunjukkan sekitar Juni 1713 di kota Vicenza. Selain itu ia juga menulis Beatus vir dan Magnificat yang ia kerjakan sesaat sebelum ia memutuskan untuk pergi ke Vienna.

Biografi Singkat; Akhir Hidup Antonio Vivaldi

Di sepanjang hidupnya, ia telah menjadi seorang yang terpandang. Di Ospedalle della Pieta, ia adalah seorang maestro di violino. Dan pada 1716, ia dianugerahi dengan gelar mestro de’concerti.

Tahun 1717, Vivaldi juga pernah menjabat sebagai Chamber Capellmeister pada Landgraf Philips van Hessen-Darmstadt.

Sekitar tahun 1740 terjadi krisis ekonomi yang menyebabkan Vivaldi memutuskan untuk keluar dari Ospedalle della Pieta.

Ia lalu berencana untuk tinggal di Vienna bersama Kaisar Charles VI. Namun tidak tidak lama tinggal di Vienna, sebab tanggal 28 Juli 1941 ia telah meninggal dunia.

Kuat dugaan bahwa hal ini disebabkan oleh penyakit asmanya yang sudah lama ia derita sejak masih muda. Vivaldi dimakamkan dengan pemakaman yang sangat sederhana, seperti yang Mozart lakukan.

Siapakah Agnes Ann Luisa?