Biografi Singkat Wright Bersaudara

Blogtokohpedia – Biografi Singkat Wright Bersaudara; Siapa yang tidak kenal dengan Wright Bersaudara? Duo ini terkenal didunia sebagai penemu dari pesawat terbang yang pertama di dunia.

Orville Wright dan Wilbur Wright adalah dua saudara yang terkenal sangat berjasa di dalam dunia industri penerbangan dunia.

Ketika mereka berdua mengemukakan ide mereka tentang pesawat terbang, ide mereka dianggap mustahil oleh orang-orang saat itu.

Bahkan tidak sedikit yang menertawakan ide gila mereka. Karena menurut pemikiran orang banyak kala itu, bagaimana mungkin manusia bisa terbang dilangit.

Namun, hal itu berbanding terbalik sejak keberhasilan mereka untuk menerbangkan pesawat terbang buatan mereka sendiri.

Mereka dianggap bak pahlawan. Dunia penerbangan bahkan telah memasukkan nama Wright Brothers ke dalam Hall of Fame National Aviation.

Lalu, bagaimana sejarahnya Wright Bersaudara ini bisa menemukan pesawat terbang? Mari kita bahas!

Biografi Singkat; Awal Mula Kehidupan Wright Bersaudara

Wilbur Wright lahir pada tanggal 16 April 1867, sedangkan Orville Wright lahir pada tanggal 19 Agustus 1871. Mereka berdua lahir dari pasangan Milton Wright dan Susan Catharine Wright.

Ayahnya, Milton Wright, adalah seorang pendeta kristiani di desanya. Mereka berdua mempunyai lima saudara lainnya, Reuchlin, Lorin, Otis, Ida, dan Katharine.

Keluarga mereka hidup berpindah-pindah, namun pada akhirnya menetap di Iowa, Amerika Serikat. Masa kecil mereka banyak dihabiskan dengan bersekolah dan bermain, sama seperti anak kecil lainnya.

Mereka berdua mempunyai kegemaran yang berbeda. Wilbur senang bermain selancar, sementara Orville hobi mengumpulkan berbagai benda logam yang tidak terpakai, dan kemudian dijualnya.

Selain itu, mereka berdua suka menciptakan benda-benda yang bisa dijual kembali. Misalnya saja, Wilbur berhasil menciptakan sebuah mesin pelipat koran. Sementara itu Orville membuat layang-layang yang kemudian akan dijualnya kembali.

Terinspirasi dari ‘Helikopter’ Mainan

Awal ketertarikan mereka berdua terhadap bidang penerbangan dimulai ketika ayahnya pulang membawa sebuah mainan mirip ‘helikopter’.

Mainan yang dibawa ayahnya itu sebenarnya bernama gasing cina. Terbentuk dari bambu, gabus dan karet gelang yang berfungsi untuk menggerakan rotornya.

Dari sinilah awal dari kekaguman Wright Bersaudara setelah melihat mainan itu bisa terbang dengan indah di langit-langit rumahnya.

Mendirikan Kantor Penerbitan Koran

Di dalam biografi Wright Bersaudara, mereka berdua diketahui telah melanjutkan pendidikannya sampai ke universitas. Namun, keduanya tidak pernah lulus atau menyelesaikan pendidikannya tersebut.

Wilbur kuliah diploma selama empat tahun lamanya, namun ia tidak pernah menyelesaikan kuliahnya. Sementara Orville hanya kuliah selama satu tahun saja, dan tidak menyelesaikannya.

Orville meninggalkan perkuliahannya karena memilih untuk membuka bisnis percetakan ditahun 1889. Ia memulai usaha itu dengan mesin cetak buatannya sendiri yang dibantu oleh Wilbur.

Orville bekerja sebagai penerbit koran mingguan West Side, sementara saudaranya Wilbur bergabung sebagai seorang editor di koran mingguan itu.

Terinspirasi Dari Otto Lilienthal

Di sekitar pertengahan tahun 1890an, Wright Bersaudara membaca berita tentang Otto Lilienthal di koran dan berbagai majalah.

Otto Lilienthal adalah seorang pelopor manusia terbang pertama,ia meluncur dan terbang dengan glider buatannya sendiri di Jerman. Namun, ia harus tewas karena percobaannya tersebut.

Namun, artikel tersebut bukannya membuat mereka takut, justru berita tersebut malah membuat Wright Bersaudara tersebut bersemangat untuk mengembangkan pesawat terbang buatan mereka sendiri.

Di tahun-tahun berikutnya, pada tahun 1896, mereka juga mendapatkan informasi bahwa Samuel Langley berhasil menerbangkan sebuah pesawat terbang bertenaga uap tanpa awak.

Biografi Singkat; Wright Bersaudara Menciptakan Pesawat Terbang Pertama di Dunia

Didalam biografi Wright Bersaudara, pada tahun 1899 mereka diketahui mengirim surat ke Smithsonian Institution untuk meminta informasi publikasi perancangan Aeronautka dari Sir George Cayley, Lilienthal, Chanute, Leonardo da Vinci, dan Langley.

Setelah mereka berdua mendapatkan publikasi yang berisi informasi tentang rancangan tersebut, mereka segera melakukan eksperimen penerbangan di tahun itu juga.

Mereka awalnya membuat tiga pesawat terbang layang yang bersayap kembar. Ketiganya dites di sebuah pantai Kitty Hawk, North Carolina.

Pesawat yang ketiga telah diuji sekitar 1.000 kali penerbangan yang akhirnya berhasil dengan sukses menerbangkan mereka berdua.

Perbangan Pertama di Dunia

Setelah sukses dengan pesawat ketiganya, mereka kemudian membuat sebuah mesin motor ringan. Mesin tersebut yang kemudian dipasangnya ke pesawat mereka yang keempat, yang dinamakan Wright Flyer.

Pada tanggal 17 Desember 1903, di jam 09.30 pagi (21.30 WIB) dalam cuaca dingin dan mendung, mereka berdua menerbangkannya untuk pertama kali.

Pesawatnya yang keempat tersebut berhasil berkendara diudara sejauh empat mil di dekat wilayah berbukit pasir di Kitty Hawk, North Carolina.

Wright Kitty Hawk

Penduduk sekitar Kitty Hawk menjadi saksi atas keberhasilan mereka. Mereka menyaksikan pesawat Wright Flyer yang dikendalikan oleh Orville, terbang diangkasa selama 12 detik lamanya.

Kemudian pesawat itu kembali turun setelah mencapai 37 meter dari daratan. Penerbangan itu merupakan penerbangan pesawat yang pertama kali tercatat di dalam sejarah.

Pesawat itu awalnya dinamai dengan nama Wright Flyer, namun hingga saat ini lebih dikenal dengan nama ‘Kitty Hawk’.

Pesawat Wright Kitty Hawk yang asli buatan dari Wright Bersaudara kini berasa di Museum Dirgantara Washington DC, Amerika Serikat.

Biografi Singkat; Wright Bersaudara Pionir Dalam Dunia Penerbangan Pesawat

Meskipun Wright Bersaudara bukanlah orang yang pertama kali membuat percobaan pesawat atau eksperimen pembuatan pesawat yang pertama kali, mereka berdua tetaplah orang yang pertama kali yang bisa mengendalikan pesawat.

Mereka menemukan kendali pesawat yang awalnya terbang dengan sayap terpasang dengan kaku bisa dikendalikan sesuai dengan arah yang dituju.

Terobosan dari penemuan mereka adalah penemuan dari ‘tiga kontrol sumbu’ yang hingga sekarang digunakan oleh semua jenis pesawat terbang.

Mereka menemukan keahlian mekanika tersebut dari pengalaman mereka bekerja di berbagai toko mereka yang penuh dengan mesin cetak, motor dan berbagai mesin lainnya.

Dari sepeda, mereka mendapatkan ide bahwa pesawat terbang yang sebenarnya tidak stabil dapat dikendalikan asal terus berlatih.

Secara publik, mereka dihargai atas perancangan dan desain pesawat terbang yang berhasil untuk pertama kalinya.

Mereka adalah penemu pertama pesawat terkendali dengan menggunakan mesin yang lebih berat daripada udara, bersamaan itu juga mereka mendirikan tonggak sejarah lainnya di dalam bidang penerbangan.

Siapakah Agnes Ann Luisa?
Hobi membaca Cerita Horror?
Atau suka membaca Berita Viral?