Biografi Singkat Raja Mulawarman

Blogtokohpedia – Biografi Singkat Raja Mulawarman; Terdapat beragam Kerajaan Hindu yang ada di Indonesia. Salah satunya adalah Kerajaan Kutai.

Kerajaan ini adalah kerajaan paling tertua yang ada di Indonesia, kerajaan Kutai berdiri di abad ke-4, tepatnya di wilayah Kalimantan Timur.

Yang mendirikan kerajaan Kutai adalah raja yang bernama Kudungga. Setelah berakhirnya masa kekuasaan Kudungga, kerajaan ini kemudian dilanjutkan oleh Aswawarman.

Dan setelah Aswawarman, kekuasaan pada Kerajaan Kutai dibawah pimpinan Mulawarman.

Biografi Singkat; Raja Mulawarman, Raja yang baik hati

Mulawarman merupakan keturunan langsung dari Kudungga, yaitu anak dari Aswawarman dan juga merupakan cucu dari Kudungga. Mulawarman dipercaya telah menganut agama Hindu pada waktu itu.

Pada masa kekuasaan dari Aswawarman dan Mulawarman, perkembangan pada bahasa Sansekerja sangat signifikan dan tersebar secara luas.

Di dalam Yupa atau prasasti dari peninggalan Kerajaan Kutai, Mulawarman dikenal dengan kebaikan hatinya. Tercatat disana ia pernah membagi-bagikan 20.000 ekor sapi kepada para Brahmana dengan cuma-cuma.

Sebagai tanda terima kasih, para kaum Brahmana membuat sebuah prasasti Yupa berbentuk tugu batu peringatan tentang kebaikannya.

Baca Juga: Mitos dan Fakta seputar kehamilan yang patut kalian ketahui

Selain sebagai raja yang dikenal baik hati, Mulawarman juga dikenal sebagai sosok yang tangguh dan kuat. Karena ia merupakan raja yang paling berpengaruh besar pada Kerajaan Kutai.

Mengapa demikian? Karena pada masa kekuasaan dari Raja Mulawarman inilah Kerajaan Kutai mencapai titik keemasannya. Rakyatnya dapat hidup dengan sejahtera tanpa kekurangan apapun.

Sebagai tanda kesejahteraan rakyatnya, ia pernah mengadakan selamatan atau syukuran dengan menggunakan emas yang yang melimpah.

Bukti lain yang membuktikaan Kerjaan Kutai pada masa puncak keemasannya adalah perluasan wilayah. Hampir seluruh pelosok wilayah di Kalimantan merupakan daerah yang berhasil ditaklukkan oleh Mulawarman.

Baca Juga: Siapa Kartini? Mari kita ulas secara singkat

Dikarenakan prestasinya yang berhasil menaklukkan wilayah-wilayah tersebut, nama Mulawarman semakin dikenal pada jaman itu.

Rakyatnya pada jaman itu sangat dijamin kesejahteraan dan keselamatannya, pada jaman itu juga banyak bangunan suci yang didirikan oleh Raja Mulawarman.

Beberapa diantaranya adalah bangunan yang digunakan untuk menyembah Waprakeswara atau yang biasa dikenal sebagai Dewa Trimurti.

Dewa Trimurti adalah tiga kekuatan Brahmana. Ketiga Brahmana itu adalah dewa Wisnu, dewa Brahma, dan dewa Siwa.

Biografi Singkat; Bagaimana Rupa dari Raja Mulawarman?

Mulawarman diilustrasikan serupa Ansuman atau Dewa Matahari, itu menurut catatan pada Yupa yang ditemukan. Panggilan itu juga yang dimiliki oleh ayahnya, Aswawarman.

Selain itu, Raja Mulawarman sangat dikenal dekat oleh para rakyatnya. Jadi, jangan heran jika rakyatnya pada jaman itu bisa hidup dengan nyaman dan tentram.

Raja Mulawarman juga meninggalkan beberapa bukti sejarah. Selain bukti sejarah yang merupa Yupa, ada juga Menhir. Yupa adalah sebuah tugu yang dibuat guna mengikat hewan kurban.

Biasanya Yupa yang didirikan itu bertuliskan beberapa syair yang dibuat untuk menunjukkan keagungan sang raja atau dewa pada jaman itu.

Baca Juga: Biografi Singkat Sultan Hasanuddin

Sedangkan Menhir adalah suatu tempat yang didirikan untuk pemujaan nenek moyang. Biasanya Menhir ini berupa batu besar yang tingginya menjulang ke atas.

Kesimpulan yang Dapat Diambil

Tidak dapat disangkal dengan bukti-bukti prasejarah yang sudah ditemukan, Raja Mulawarman merupakan raja yang sangat berbeda dengan raja-raja sebelumnya.

Mulawarman diceritakan sebagai seorang sosok yang gagah berani dan sangat dikenal akan kedermawanannya.

Ia dikenal juga sebagai sosok yang supel atau mampu bergaul dengan seluruh rakyatnya, jadi tidak heran jika ia sangat dicintai oleh rakyatnya.

Dimasa kekuasaannya, semua rakyatnya hidup dengan nyaman dan sejahtera. Segala bentuk perdagangan dan wilayah kekuasaannya kian meluas.

Tidak hanya itu saja, bahkan hampir di seluruh wilayah Kalimantan pada jaman itu kenal dengan sosok Raja Mulawarman, dan sangat disegani oleh para rakyatnya.

Mulawarman meninggalkan beberapa prasasti, atau yang biasa disebut dengan Yupa. Untuk saat ini sudah ditemukan tujuh Yupa, namun hanya empat prasasti yang baru berhasil diterjemahkan.

Empat dari prasasti tersebut berisi akan pujian kepada Mulawarman. Tentang kedermawanannya dan kegagahannya sebagai seorang penguasa. Yupa tersebut dibuat oleh masyarakatnya sendiri.

Banyak yang percaya bahwa Yupa tersebut ditulis di abad ke-4 sampai 5. Jadi bisa di taksir, kerajaan Kutai itu sendiri sudah berdiri sebelumnya.

Mulawarman dipercaya berkuasa pada sekitar tahun itu. Selain itu, Mulawarman diketahui memeluk agama Hindu pada jaman itu, jadi bisa diperkirakan bahwa agama Hindu merupakan agama yang tertua di Indonesia.

Siapakah Agnes Ann Luisa?